Wednesday, December 7, 2011

Pemberian Bahan Makanan Tambahan


Sebuah kegiatan bersama ibu-ibu PKK Imogiri

Saat itu Cinta mendapat undangan untuk mengisi kegiatan ketahanan pangan di Imogiri. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UGM. Dalam setiap kegiatan semacam ini Cinta selalu mengajakku untuk bergabung seperti bisaanya. Cinta menyampaikan yang bersifat teoretis sedangkan aku hal-hal yang praktis. Sesuai dengan kesepakatan dengan mahasiswa yang mengundang kami, maka kami tetapkan untuk menyampaikan pengarus bahan tambahan pada makanan. Mengingat sekarang ini banyak sekali makanan kecil, snack untuk anak-anak yang banyak menggunakan bahan makanan tambahan yang tidak diizinkan atau tidak tepat penggunaannya. Bahan makanan tambahan ini sering digunakan tanpa ukuran yang jelas, atau bahan tambahan yang seharusnya bukan untuk makanan digunakan untuk makanan. Hal ini tentu akan membawa akibat buruk bagi tubuh.
Bahan makanan yang bisaa ditambahkan dalam pembuatan makanan tentunya harus yang tepat. Bahan-bahan yang tidak tepat atau bahan makanan yang tidak bermanfaat bagi tubuh yang sering digunakan di antaranya adalah :
-          1. Pewarna makanan
Makanan yang diperjualbelikan di pasaran sering menggunakan warna-warna yang mencolok, yang tidak mudah hilang dari lidah atau tangan. Ini salah satu bukti bahwa bahan makanan tambahan yang digunakan bukanlah bahan makanan tambahan untuk makanan. Bahan ini sering sekali digunakan karena harganya murah hemat dan mudah didapat. Padahal pewarna ini mestinya bukan untuk makanan tapi untuk tekstil atau yang lain.

-         2.  Natrium benzoate
Bahan ini adalah bahan pengawet makanan. Takaran penggunaan yang benar adalah 0,1 gram untuk 1 ltr air. Namun pada prakteknya produsen bisaa menggunakan tanpa ukuran, alias asal masuk. Bahkan diantara mereka berpendapat bahwa penggunaan benzoate yang lebih banyak akan menambah lama pengawetan. Padahal itu sama sekali tidak benar.
-           
3    3. Mono sodium glutamate
Mono sodium glutamate lebih dikenal dengan moto, atau micin, atau vetsin. Mono sodium glutamate bisaanya dibuat dari limbah pabrik gula yang berwujud tetes. Dengan iklan yang sangat gencar dan meyakinkan, masyarakat terkecoh bahwa memasak dengan bumbu MSG ini akan menambah citarasa yang istimewa. Padahal sebenarnya MSG ini tidak membawa manfaat bagi tubuh selain rasa lezat dilidah.

-          4. Sakarin atau sari gula
Bahan ini ditambahkan sebagai pengganti gula pasir. Berasa manis, namun di akhir-akhir bagi yang berlidah sensitive akan merasakan rasa sedikit pahit. Bahan tambahan ini juga hanya menambah sensasi rasa manis saja pada produk.

Bahan-bahan di atas tentunya tak banyak bermanfaat bagi tubuh. Sebaiknya bahan-bahan tersebut dihindari, agar tidak memicu p[ertumbuhan tumor atau kanker dalam tubuh. Hidup sehat adalah impian kita semua. Orang dewasa yang sehat, orang tua yang sehat selalu didahului oleh anak-anak yang sehat pula. Maka dari itu mari kita jaga anak cucu kita dari bahan makanan tambahan yang tidak bermanfaat.
Antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan ini menghilangkan rasa lelah dan kantuk kami. Apalagi ketika mereka memberikan sambutan dan berpesan bahwa kami diharapkan untuk datang kembali dengan materi yang lain lagi. Duh rasa lapar itu menjadi hilang seketika.  Tergantikan oleh rasa puas dapat memberikan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

No comments:

Post a Comment