Friday, December 16, 2011

Pantai Gua Cemara



 Pantai ini terletak di Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau mendengar namanya pasti kita akan membayangkan sebuah ruangan bawah tanah yang berudara dingin dan lembab. Mungkin dalam bayangan kita juga tergambar tentang pohon cemara. Pada kenyataannya ruang bawah tanah yang kita bayangkan tak pernah ada. Karena yang ada adalah sebuah pantai yang ditepiannya banyak ditumbuhi pohon cemara. Pohon-pohon ini tak begitu tinggi menutup hampir sepanjang pantai selatan bantul bagian barat. kesn pantai yang panas dan kerontang hilang seketika saat kita samai tujuan. Yang kita lihat pertama kali adalah hamparan pohon cemara yang begitu rindang, membatas pandang untuk melihat laut, namun debur ombak terdengar nyata di telinga, hembusan angin laut juga sangat terasa. Sejauh mata memandang hanya hamparan pohon cemara disana sini. rendnag dan teduh.

Memasuki area hutan cemara kita akan disuguhi dengan lorong-lorong di bawah cemara yang rindang. Jalan setapak yang berada di antara cabang dan ranting yang hampir menyentuh tanah. Pohon-pohon cemara yang hanya akan terlihat pucuknya bila air laut sedang pasang. Ini terbukti dengan banyaknya sampah yang menempel di cabang-cabang dan ranting pohon. bila kita cermati ternyata lorong-lorong diantara pohon-pohon cemara ini memang seperti pintu masuk ke gua, mungkin karena inilah maka pantai ini disebt dengan pantai gua cemara. lorong-lorong yang lembab dan basah.

Keluar dari rimbunan pohon cemara kita dihaapkan pada pantai yang curam dengan ombak yang besar. Di tempat lain ketika kita menghadap pantai maka di belakang kita mungkin adalah warung makan atau cendera mata. Namun di pantai ini latar belakang kita adalah hutan cemara yang lebar. Bibir pantai yang pendek terhempas ombak yang besar.

Hamparan pohon cemara yang membatasi pantai. Pohon cemara ini mungkin dimaksudkan sebagai penahan air laut agar tak terlalu jauh mengikis pantai. Sebagai alat untuk menghindari abrasi yang lebih parah. 

Bibir pantai yang curam serta ombak yang mengalun besar. Hadirkan debur-debur yang menjauh gemanya.

No comments:

Post a Comment