Thursday, October 8, 2009

Belajar Menyenangkan dengan Lagu

Siapa orangnya yang tidak suka mendengarkan lagu? Atau mendendangkannya? Walaupun kita tidak hafal lirik lagu namun kita akan cepat mengenali nada dan irama sebuah lagu. dengan lagu tanpa disuruh atau dimintapun bila kita mendengar maka secara samar-samar lidah kita akan ikut mendendangkannya. Baik secara sadar atau tidak sadar. Menurut teori mendengarkan lagu akan menyenangkan otak kanan, dengan kondisi otak kanan yang senang maka otak kiri akan ikut bekerja mencapai apa yang diinginkan.
Kita masih ingat di kala kita masih kecil untuk menenangkan kita ibunda kita sering menyanyi atau berdendang. Dalam keadaan marah atau sedih dan kita menangis maka sang ibu dengan setia akan mengajak menyanyi untuk melupakan kemarahan ataupun kesedihan kita. Guru-guru kita di Taman Kanak-kanak dahulu bila akan menyuruh kita melakukan sesuatu maka mereka akan mengajak kita untuk menyanyi terl;ebih dahulu. dengan demikian kami si anak murid akan melakukan perintahnya dengan baik karena pada dasarnya kebutuhan otak kanan sudah terpenuhi.
Kalau demikian mengapa kita tidak mencoba mengajak belajar anak dengan menyanyi. menyampaikan rumus-rumus yang sulit dihafal dengan lagu. harapannya siswa akan lebih mudah menghafal rumus kemudian akan mudah pula menenrapkannya. Wah kalau begitu guru harus pandai menjadi penggubah lagu? Tentu!!!! Tak ada salahnya bukan bila kita belajar menggubah lagu?
Mari kita buktikan bahwa belajar dengan lagu akan lebih mudah diingat dan lebih mudah dicerna. selamat membuktikan.....!!!!

No comments:

Post a Comment