Thursday, October 15, 2009

Akhirnya Al-Kid Pilihannya

Semula kami ingin berburu wedang uwuh, tapi karena sudah terlalu malam sementara lokasi yang bisa kami kunjungi untuk menikmati wedang uwuh maka tujuan kami beralih. Putar-putar kota, memperkenalkan suasana malamnya kota Jogja pada para peserta diklat dari Kalsel. Jadi guide dadakan tanpa bayaran. tapi tak apa, yang penting bisa memperkenalkan kota ini pada para tamu, memuaskan mereka dengan wisata malam di kota Jogja. Selesai keliling akhirnya kami sepakat untuk masangin di al-kid (alun-alun kidul maksudku).
Ada diantara mereka yang telah mendengar eisata masangin di al-kid (baru sekedar mendengar dari peserta lain yang telah kami antarkan ke al-kid semalam). Tanggapan yang positif dari mereka membuatku lebih bersemangat. masangin adalah sebuah kegiatan berjalan melewati dua pohon beringin yang ada di al-kid dengan mata tertutup pada malam hari.
Pengunjung sudah banyak di tempat itu, ditandai dengan banyaknya motor dan mobil yang diparkir. di kanan kiri jalan penjual wedang ronde, roti bakarm kacang dan jagung rebus berjajar-jajar. sebagian menggelar tikar dan membuat tenda di sisi luar alun-alun, sebagian lagi menggelar dagangannya di tepian alun-alun. karena lupa tidak membawa saputangan maka kami harus menyewa penutup mata. Rp. 3000 untuk tiap penutup mata.
Dengan penuh antusias mereka mencoba untuk merasakan bagaimana nikmatnya berjalan dengan mata tertutup melintas di antara dua pohon beringin di tengah alun-alun. sekali, dua kali, tiga kali, ahh... terpaksa terantuk pagar yang mengelilingi pohon. "Wah ternyata tidak mudah walau hanya sekedar melintas di sana" ungkap salah seorang peserta. mereka akan tertawa terkikik-kikik bila melihat salah seorang dari mereka berjalan melenceng dari arah yang ditentukan. karena menurut pendapat mereka yang arahnya melenceng adalah orang yang pikirannya juga melebceng. Padahal sebenarnya hanya karena konsentrasi yang tidak focus. mungkin hanya untuk m,enimbulkan suasana mistis vila dikatakan arah perjalanan bisa menjadi petunjuk pikiran seseorang.
Masangin salah satu tempat wisata malam di kota Jogja yang kini banyak dikunjungi orang. menimbulkan tanda tanya dan rasa ingin tahu. Anda pernah mencobanya?

No comments:

Post a Comment